Laman

Powered By Blogger

Pengikut

Senin, 19 Juli 2010

Panglimo Olang Putiah Juara Hulu Kuantan 19 Juli 2010

Final Pacu Jalur rayon II di Tepian Gudang Pulau Gobah Kecamatan Hulu Kuantan, yang dijadwalkan mulai 15-17 Juli terpaksa dilakukan penambahan hari pacuan, yakni Ahad (18/7) pagi di arena pacuan yang sama. Pada penambahan hari itu, Panglimo Olang Putiah ditetapkan sebagai juara.

Seyogyanya pemenang pacu jalur rayon II ini sudah bisa ditentukan, Sabtu (17/7) petang di arena perpacuan Tepian Gudang Pulau Gobah. Tetapi, ini tidak bisa dituntaskan. Pasalnya, jalannya pacuan jalur putaran segitiga yang memperebutkan juara I, II dan III, antara Jalur Soriak Serumpun Tolang Batutu dari Desa Pulau Binjai Kecamatan Kuantan Mudik, dengan Jalur Panglimo Olang Putiah Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan dan Jalur Ngian Kuantan Cahaya Nagori Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar.

Dalam putaran final segitiga ini, Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu lebih dulu menang menunggu, yakni menunggu pemenang antara Jalur Panglimo Olang Putiah dan Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori. Hasilnya, Jalur Panglimo Olang Putiah yang berhasil menang dan harus berhadapan dengan Jalur Soriak Serumpun Tolang Batutu.

Ketika dua jalur ini akan berpacu, hari pun sudah meranjak malam persis terdengar suara azan magrib. Namun pacuan jalur tetap dilakukan. Tidak tahu secara pasti kedua jalur sudah dilepas panitia atau belum, namun kedua jalur yang memang difavoritkan sebagai juara ini terus berpacu dengan hari yang mulai gelap.

Ribuan penonton dari atas tebing sungai terus menyaksikan jalannya pacuan. Mereka penasaran dan ingin tahu siapa yang akan menjadi pemenang antara dua jalur yang menjadi unggulan tersebut. Bila Soriak Serumpun Tolang Batutu menang, maka pertandingan usai. Tapi bila Jalur Panglimo Olang Putiah yang menang maka Jalur Soriak Serumpun Tolang Batutu dan Jalur Ngiang Kuantan harus bertarung memperebutkan posisi ke II dan III.

Begitu juga Camat Hulu Kuantan Drs Akhyan Armofis, Camat Kuantan Mudik Efrizon Marzuki AP MSi, Kapolsek Hulu Kuantan, Koramil dan perwakilan jalur, tegang menunggu hasilnya.

Kedua jalur yang berpacu di tengah pemandangan yang samar-samar, Jalur Soriak Serumpun Tolang Batutu terlihat menembus pancang finis lebih dulu dari Jalur Panglimo Olang Putiah. Tetapi ternyata, dari informasi panitia di pancang star kedua jalur belum dilepas. Sehingga perpacuan tidak sah dilakukan.

Ini yang menjadi awal sehingga harus menambah hari untuk memperebutkan juara I, II dan III. Karena, saat kedua jalur sampai di pancang finis hari sudah gelap. Sehingga tidak mungkin dilakukan perpacuan ulang di saat itu juga.

Sementara masing-masing perwakilan jalur tak ingin mengalah. Apalagi, hadiah yang disediakan adalah hewan ternak yang besarannya berbeda. Camat Hulu Kuantan Drs Akyan Armofis, Ketua Umum Panitia Pacu Jalur Syamsudin Hasbi, Ketua I Andi Cahyadi, serta perwakilan Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu, Jalur Panglimo Olang Putiah dan Jalur Ngiang Kuantan melakukan rapat perundingan.

Perundingan yang dilangsungkan di salah satu rumah warga ini berlangsung alot. Namun akhirnya, mereka yang berunding sepakat untuk keadilan, untuk kekompakan dan untuk menjunjung tinggi nilai sportifitas maka penentuan juara I, II dan III akan dilakukan pacuan ulang pada Ahad (18/7) di arena yang sama. Pacu jalur dimulai pukul 09.00 WIB. ‘’Ini adalah hasil kesepakatan kita bersama untuk melaksanakan pacuan ulang untuk memperebutkan juara I, II dan III.

Namun Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu tidak hadir. Mereka lebih dahulu menghilirkan jalurnya ke Pangean untuk mengikuti pacu jalur rayon III di Tepian Rajo Kecamatan Pangean yang akan dimulai Senin (19/7). Karena sedari awal anak paju Jalur Soriak Serumpun Tolang Batutu Desa Pulau Binjai Kecamatan Kuantan Mudik terang-terangan menolak untuk bertanding ulang. Karena mereka sudah menang dan ingin mengikuti pacu jalur di Pangean.

Peringkat lain yang sudah ditentukan sebelumnya, IV Jalur Kalo Jengking Tigo Jumbalang Desa Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik mendapatkan satu ekor sapi ditambah tonggol juara, peringkat V Jalur Bintang Emas Cahaya Intan Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan mendapatkan satu ekor sapi dan tonggol juara, peringkat VI dimenangkan Jalur Panglimo Sati Desa Gunung Kecamatan Gunung Toar yang mendapatkan uang pembinaan Rp3 juta, peringkat VII Jalur Lipan Baro Raja Ponsel Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan yang mendapatkan uang pembinaan Rp2 juta dan tonggol juara, peringkat VIII Jalur Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos Desa Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp1 juta dan tonggol juara, peringkat IX Jalur Cahayo Putih Mayang Maurai Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik mendapatkan uang pembinaan Rp750 ribu dan tonggol juara, peringkat X Jalur Pendekar Bukit Tanpa Nama Desa Bukit Kauman Kecamatan Kuantan Mudik mendapatkan uang pembinaan Rp500 ribu dan tonggol juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Selagi matahari bersinar, masih ada hari esok, masih ada kesuksesan bisa diraih, kegagalan adalah "enjoy" yang tertunda, cepat bangkit!. Berdoa dan berusaha dan ubah pikiran untuk bermindset sukses.